Isu-Isu Tentang Anak

Masalah dalam kehidupan ternyata tidak hanya dialami oleh orang dewasa. Anak anak pun menghadapi banyak masalah dalam perkembangan mereka. Kasus kasus gangguan psikologis pada anakpun semakin banyak ragamnya dan jumlah kasusnya, secara kuantitatif maupun kualitatif. Berikut beberapa isu yang akhir akhir ini banyak menjadi masalah pada anak.

A. Kekerasan pada Anak
 Kasus kekerasan pada anak (child abused) saaat ini sangat sering terjadi. Kekerasan pada anak ini dapat berupa :

  • Tindakan penganiyayaan, baik fisik maupun psikologis
  • Pemerkosaan
  • Penculikan
  • Pemaksaan untuk bekerja

Anak anak yang menjadi korban kekerasaan, dalam bentuk apapun biasanya mengalami stres atau trauma. Trauma trauma yang tidak ditangani secara tepat dapat muncul sebagai gangguan post traumatic syndrome disorder (PTSD).




B. Stres dan Depresi pada Anak
 Arnold (1990) menyatakan bahwa saaot ini banyak ditemukan orang tua yang mempercepat proses pertumbuhan anak dengan memperlakukan anak seperti orang dewasa dan membebani mereka dengan beban hidup orang dewasa.


Beberapa Gejala atau tanda adanya stres pada anak diusia sekolah :

  1. Kemunduran perilaku kembali ketahap sebelumnya : mengompol, menggigit jari ataupun menghisap ibu jaari
  2. Menarik diri tanpa adaa alasan jelas : murung, tidak mau bicara
  3. Kehilangan motivasi dan konsentrasi disekolah
  4. Nafsu maakan meurun dan tidur tidak nyenyak
  5. bermasalah dengan hubungan teman sebaya 

C. ADHD
 ADHD (Attention Deficits and Hyper-activity Disorder) adalah gangguan yang berupa kurangnya perhatian dan hiper-aktivitas. gangguan ini juga dikeal sebagai gangguan pemusatan perhatian dan hiper-aktivitas.
ADHD sebenernya adalah kondisi neurologis (terkait dengan syaraf) yang menimbulkan masalah dalam pemusatan perhatian dan hiperaktivitas-impulsivitas, yang tidak sejalan dengan perkembangan usia. Jadi ADHD lebih ke kegagaan perkembangan fungsi sirkuit/jaringan otak yang bekerja menghambat monitoring dan kontrol diri.



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.